Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sabtu, 08 Mei 2010

Kunjungan Paliudju ke Korea Dinilai Sukses

Sabtu, 08 Mei 2010
PALU – Pemerintah provinsi Sulteng mengaku kunjungan Gubernur HB Paliudju dan rombongan Provinsi Jeollanam-do Korea Selatan baru-baru ini dinilai sukses. Ini ditandai dengan terealisasinya hibah 100 buah kapal dari pemerintah Korea Selatan kepada pemerintah provinsi Sulteng. Saat ini proses administrasinya sedang Dallam proses. Kapal-kapal tersebut menurut staf ahli Gubernur Elim Somba yang turut dalam kunjungan ke Korea Selatan selama 3 hari itu, adalah kapal untuk penangkap ikan dan penanaman algamerah (bahan untuk pembuat biotanol dan pembuat kertas.
Kerjasama lainnya yang cukup sukses tutur Elim Somba adalah ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan pemerintah Provinsi Jeollandam-do terkait sejumlah investasi yang bakal direalisasikan di Sulawesi Tengah. MoU tersebut terkait investasi di bidang perikanan, pertanian, pertambangan, pariwisata dan industry serta teknologi informasi (TI).
Keberhasilan kunjungan pemerintah Sulteng ke Korea menurut Elim Somba bukan semata-mata klaim pemerintah. Pengakuan itu juga datang dari Duta Besar Republik Indonesia di Korea Selatan Nikolas Damen. Menurut Dubes kunjungan Pemprov Sulteng tersebut adalah yang paling berhasil dibandingkan kunjungan-kunjungan yang pernah dilakukan oleh pemerintah daerah lain ke sejumlah provinsi di Korea Selatan. Ini karena kunjungan Pemprov Sulteng tersebut mendapat respons yang sangat tinggi dari pemerintah provinsi Jeollanam-do. Misalnya, pemerintah Sulteng dan rombongan dibawa berkeliling ke sejumlah industri, seperti Kumhoo, LG, pelabuhan dan tempat-tempat strategis lainnya. Tingginya respons pemerintah Provinsi Jeollanam-do tersebut urai Elim tidak terlepas dari posisi sumber daya yang dipunyai Sulteng dan kebutuhan industrinya bisa dipenuhi dari Sulteng. Salah satu tingginya apresasi pemerintah setempat terhadap Gubernur Paliudju dan rombongan mendapat liputan khusus dari stasiun TV KBS yang disiarkan secara nasional. ‘’Pak Gub sempat mendapat wawancara khusus selama 30 menit di televise nasional KBS. Dan itu mendapat respons dari pemerintah dan pengusaha setempat,’’ ujar Elim yang didampingi Karo Infokom dan Humas Irwan Lahace.
Lebih jauh Elim Somba menjelaskan, kunjungan ke Korea Selatan tersebut merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya pemerintah Provinsi Jeollanam-do pada April lalu. Kunjungan balasan baru bisa dilakukan pada Oktober, karena oleh Depdagri hubungan antarprovinsi antarnegara seperti ini perlu dilakukan melalui sisters province. Mekanisme ini digunakan untuk memungkinkan hubungan dua provinsi antarnegara dapat dilangsungkan. Setelah hubungan G to G (government to government) digunakan sebagai payung ini ditindaklanjuti dengan hubungan business to business (B to B). Terkait hubungan business to business tersebut, Pemprov Sulteng diwakili oleh PD Sulteng selaku perusahaan milik pemerintah daerah. (yar)

0 komentar:

Posting Komentar