Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sabtu, 08 Mei 2010

GMKI Tentena Kumpulkan Dana untuk Korban Gempa

Sabtu, 08 Mei 2010
DOK
Joyner Rumpalaba



PALU – Gempa Sumbar berkekuatan 7,6 skala richter menimbulkan keprihatinanan nyaris seluruh pelosok negeri. Di kota kecil Tentena – Poso Sulawesi Tengah, keprihatinan yang sama juga disuarakan oleh sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) yang bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen Tentena (Unkris) serta Sekolah Tinggi Teologia Tentena. Joyner Rumpalaba dari GMKI Tentena mengungkapkan, aksi sosial tersebut sebagai wujud kepedulian GMKI terhadap umat Tuhan yang tertimpa bencana di Sumatera Barat, khususnya wilayah yang terkena gempa. Nio demikian sapaan akrab mahasiswa ekonomi Unkris Tentena ini mengatakan, kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak 7 Oktober dan berakhir 9 Oktober kemarin. Dari hasil kerja keras mereka terkumpul Rp15 juta lebih. ‘
Ada tiga tempat yang menjadi sasaran untuk pengumpulan dana tersebut, yaitu, di depan Kampus Unkris dan STT serta Pos Baru Sentral Tentena. Selain itu pengumpulan dana dilakukan secara mobile dengan mendatangi rumah penduduk (door to door). ‘’Pada hari terakhir ini (kemarin, red) kita intensifkan pengumpulan door to door,’’ ujar Nio kepada Radar Sulteng kemarin. Sasaran pengumpulan dana pada hari terakhir katanya dilakukan di Kelurahan Tentena, Sangele, Pamona, Tendea dan Petirongi serta Sawidago.
Pihaknya mengaku bangga dengan respons yang ditunjukan warga. Mereka pada umumnya sangat respek dengan langkah yang dilakukan oleh GKMI. Hal itu terlihat dari sambutan dan kesediaan mereka menyisihkan dananya kepada relawan GMKI yang datang ke rumah-rumah mereka. ‘’Walau kejadiannya jauh di Padang namun respons mereka sangat luar biasa. Warga tampak ikhlas menyerahkan uang mereka. Ini yang menjadi kesyukuran kami di GMKI karena jarak yang jauh ternyata bukan penghalang untuk tidak membantu umat Tuhan yang tertimpa kesusahan,’’ jelasnya panjang lebar.
Hari ini dana yang terkumpul akan dikirimkan ke Padang melalui rekening….
Menurut Joyner, spontanitas warga Tentena yang ditunjukan dengan keikhlasan mereka menyumbang korban gempa di Padang Sumatera Barat, membuktikan bahwa hubungan kemanusiaan tidak disekat persoalan suku, agama dan ras. (yar)

0 komentar:

Posting Komentar