Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sabtu, 08 Mei 2010

DPRD Departemen PU Turun Tangan

Sabtu, 08 Mei 2010
Periksa Kelaikan
Gedung DPRD Sulteng

PALU – Kontroversi kelaikan gedung DPRD Sulteng yang ditiupkan mantan anggota Komisi II DPRD Sulteng Efendi Sunusi beberapa tahun silam, masih terus mencuat bahkan hingga gedung tersebut selesai dibangun. DPRD Sulteng periode 2004-2009 kembali mempertanyakan kualitas gedung tersebut. Bahkan sempat memanggil Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk mendapatkan penjelasan mengenai kelayakan gedung tersebut. Dinas PU sendiri tidak mau masuk dalam pusaran kontroversi yang memperhadap-hadapkan pihak DPRD dan kontraktor. Kepala Dinas PU Sulteng Ir H Moch Noer Mallo mengatakan, sebelumnya DPRD Sulteng mengirimkan surat ke Dinas PU Sulteng dengan nomor 011/0, 524/Set DPRD tertanggal 26 Agustus 2009 perihal permintaan kepada Dinas PU untuk menilai kelaikan gedung tersebut.
Menurut Noer Mallo, untuk menilai kelayakan sebuah gedung, PU Sulteng mempunyai keterbatasan. Pasalnya,kata dia, pemeriksaan tersebut meliputi, tes konstruksi terhadap beberapa item yaitu, sub struktur antara lain struktur bangunan bawah/pondasi bangunan. Kemudian main struktur meliputi struktur utama yang terdiri dari atap, rangka atap dan plafon. Sedangkan untuk pemeriksaan uji konstruksi atau laboratorium dibutuhkan alat seperti hammer test, ultrasonic test, infra red sensor, micro wave test dan uji kekuatan besi baja.
Masih menurut Noer Mallo, terkait dengan penelitian dan pemeriksaan kelayakan struktur gedung tersebut Dinas PU Sulteng, tidak memiliki peralatan yang memadai.
Olehnya katanya, Dinas PU menyarankan agar pihak DPRD Sulteng menyurat ke Balitbang Permukiman Departemen Pekerjaan Umum di Jakarta. ‘’Kita bisa memfasilitasi saja, agar prosesnya sedikit mudah. Tapi yang menyurat ke Balitbang PU tetap Sekwan. Karena anggarannya melekat di sana,’’ katanya. (yar)

0 komentar:

Posting Komentar