Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sabtu, 08 Mei 2010

Hadirkan Tenaga Kesehatan Berkualitas

Sabtu, 08 Mei 2010
PALU – Lahirnya politeknik kesehatan (Poltekes) yang kini sudah berusia 7 tahun di Palu-Sulawesi Tengah sebenarnya didasari kondisi objektif dimana pemerintah masih sangat kesulitan memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang berkualitas. ‘’Kondisi inilah yang mendasari lahirnya merger empat akademi berbeda menjadi Poltekes Palu,’’ jelas Irwan Lahace, mantan ketua tim adhock pembentukan Poltekes Palu kepada Radar Sulteng (2/10) kemarin.
Menurut Irwan kehadiran Poltekes juga tidak terlepas dari kondisi masyarakat itu sendiri misalnya, fenomena masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat. Olehnya kata dia, Politeknik Kesehatan sebagai pelayanan pendidikan kesehatan yang merupakan unit fungsional Departemen Kesehatan dibidang pendidikan, diharapkan mampu memainkan peran yang signifikan dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sehat. Selama berdiri katanya, Poltekkes dengan civitas akademikanya telah dan akan menjadi suatu kekuatan dalam menyediakan sumber daya manusia kesehatan dan mendukung akselerasi terbentuknya desa siaga di daerah ini. Hal ini menurutnya dapat menyiasati situasi status kesehatan masyarakat di Sulawesi Tengah yang masih rendah. Dalam perjalanannya, kata Irwan Lahace, kehadiran Politeknik ini diharapkan akan mampu mendorong pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan sekaligus memberikan stimulan kepada masyarakat untuk menolong dirinya di bidang kesehatan.
Menurutnya ini menjadi penting karena belum memiliki sistem surveilans yang berbasis masyarakat. Kondisi ini yang harus dikembangkan dengan memperkuat penan dan masyarakat secara luas. (yar)

0 komentar:

Posting Komentar