Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sabtu, 08 Mei 2010

Anggota Celingukan Cari Ruangan

Sabtu, 08 Mei 2010
Anggota Dewan Tanya
Masuk Jam Berapa

PALU – Namanya juga masih baru, segala sesuatunya tentu masih dirasa asing. Untuk mencari ruangan yang akan ditempati saja, para anggota dewan hasus celingukan kesana kemari. Itulah kesan yang terlihat saat 45 anggota dewan hadir satu persatu di kantor DPRD Sulteng (28/9) kemarin. Salah satu yang terlihat agak kebingungan adalah politisi PPP Asgar Ali Djuhaepa. Ia datang pukul 09.40 atau dua puluh menit menjelang rapat. Mengenakan lengan panjang dipadu dengan celana panjang hitam, Sekretaris PPP Sulteng ini, tampak turun dari mobilnya. Sesaat setelah menginjakan kakinya di lobi, ia membuka semua pintu yang dilaluinya. Termasuk pintu F-PPP sayang pintunya terkunci.
Sesaat kemudian ia masuk ke bagian ruang komisi. ‘’Saya masuk dimana,’’ teriaknya. Beberapa staf dewan langsung mengarahkan politisi asal dapil Donggala ini ke komisi. ‘’Terserah bapak saja, mau masuk di komisi mana. Belum ada penentuan komisi,’’ sahut salah satu staf secretariat dewan yang sejak awal mengarahkan anggota dewan yang ‘’tersesat,’’. Usai Asgar, beberapa saat kemudian muncul politisi PDS, Suryawati Hosari. Srikandi PDS ini tampak percaya diri melenggang menuju ruang komisi. Ia berusaha tampil familiar dengan staf. Ia menyalami satu persatu staf sekretariat yang bergerombol di depan pintu komisi II dan III. ‘’Silakan bu,’’ sapa staf ramah. Sesaat kemudian ia kemudian berbaur dengan dua rekannya yang sudah ada sebelummnya. Hal yang sama juga dialami politisi PKPI, Taswin Borman.
Tidak banyak aktivitas yang dilakukan. Selain saling menanyakan alamat masing-masing, aktivitas lainnya adalah cipika-cipiki sebelum diakhiri dengan bertukar nomor telepon.
Perasaan akan adanya suasana baru benar-benar dirasakan oleh anggota dewan tersebut. Saat rapat fraksi yang mengagendakan pembahasan agenda rapat dewan, lagi-lagi Asgar Djuhaepa menanyakan jam kerja dewan. ‘’Tolong Pak ketua jam kerja anggota dewan sebenarnya mulai dari jam berapa sampai jam berapa. Supaya jangan ada yang datang sesuka hatinya,’’ ujarnya Asgar polos.
Pertanyaan ini dijawab pimpinan rapat Aminuddin Ponulele, bahwa mengacu tatib lama, jam kerja adalah jam 09.00 hingga 17.00 dengan lima hari kerja. Ketidaktahuan Asgar ini memang cukup beralasan, karena anggota dewan belum mempunyai tata tertib yang mengatur hal-hal teknis anggota DPRD Sulteng.
Dalam rapat perdana kemarin, juga disepakati soal pengajuan nama-nama calon pimpinan dewan agar secepatnya diajukan ke Sekwan agar segera diteruskan ke Gubernur untuk disahkan di Depdagri. (yar)

0 komentar:

Posting Komentar