Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, 04 April 2010

PDS-PBB Bertekad Raih 1 Fraksi

Minggu, 04 April 2010
PDS Garap Basis Palu dan Parimo, PBB Optimalkan Raihan Kursi di Daerah

PALU – Di tengah persaingan ketat partai-partai untuk memperoleh suara pada pemilu 2009, Partai Damai Sejahtera dan Partai Bulan Bintang berani memasang target tinggi. PDS misalnya, partai besutan Ruyandi Hutasoit ini, bertekad mencuri kursi dari daerah pemilihan Sulteng I (Kota Palu) dan dapil Sulteng III (Kabupaten Parigimoutong), masing-masing satu kursi. Sedangkan perolehan torehan tiga kursi pada pemilu 2004 menurut Wakil Ketua PDS Sulteng, Frangky Tangkilisan akan dipertahankan. Dengan demikian keinginan PDS untuk membentuk satu fraksi di DPRD Sulteng, bisa terpenuhi. Pada pemilu 2004, PDS memperoleh tiga kursi masing-masing dari daerah pemilihan Poso, Touna dan Morowali dan dapil Banggai Bangkep serta dapil Donggala. Franky yakin komposisi tiga kursi yang ada sekarang ini tetap bisa dipertahankan. Ini karena konsolidasi yang dilakukan partainya di tiga dapil ini cukup solid. PDS yakin mampu mendapat satu kursi dari dapil Palu dan Parimo, mengingat konsolidasi yang dilakukan untuk dua daerah ini sangat gencar. ‘’Kita yakin PDS mampu bersaing di dua dapil ini. Karena konsolidasi yang kita lakukan sangat bagus. Kota Palu yang menyediakan kuota 5 kursi salah satunya bisa diraih PDS,’’ katanya yakin. Selain menargetkan 5 kursi di DPRD Sulteng, PDS juga yakin masih mempertahankan torehan satu kursi untuk DPR RI seperti perolehan pada pemilu 2004.

Sedangkan Partai Bulan Bintang selain mendorong perolehan kursi di DPRD Sulteng menjadi 5 kursi, partai berlambang bulan sabit ini juga memfokuskan perolehan suara daerah dari 17 menjadi 40 kursi pada pemilu 2009. Selain itu tetap bertekad meloloskan satu wakilnya ke DPR RI guna memenuhi ketentuan parliamentary threshold sebagai tiket menuju pemilu 2014.
Wakil Ketua DPW PBB Sulteng, Ir H Amiruddin Adjeng mengemukakan, target tersebut berangkat dari realitas pada dua edisi pemilu sebelumnya yakni pemilu 1999 dan 2004 perolehan suara PBB cenderung meningkat. Diharapkan trend positif ini kembali dialami oleh PBB pada pemilu 2009 mendatang. Ia menyebutkan beberapa wilayah potensial yang kini terus digarap maksimal antara lain, Banggai, Touna, Morowali dan Parigi serta Kota Palu. Namun demikian urai Adjeng pada saat yang bersamaan partainya akan terus mengintensifkan konsolidasi di sejumlah wilayah yang pada pemilu 2004 tidak menyumbang kursi di DPRD Sulteng. Seperti Donggala, Buol Tolitoli dan beberapa wilayah lainnya. (yar)

0 komentar:

Posting Komentar