Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Selasa, 04 Mei 2010

Hidayat Dilantik

Selasa, 04 Mei 2010
Depdagri Tidak Gubris 5 Nama

Hari Ini Hidayat Dilantik
sebagai Pj Bupati Sigi///sub

PALU – Lima nama calon pejabat Bupati Sigi yang dibawa oleh Asisten I Baharuddin Tanriwali ternyata tidak digubris Mendagri. Buktinya, pada malam harinya 13/1 Mendagri Mardiyanto langsung menandatangani surat keputusan berisi pengangkatan Drs Hidayat sebagai pejabat Bupati Sigi. Sedangkan lima nama calon pejabat Bupati Sigi baru saja dibawa oleh Asisten I Baharuddin Tanriwali pada 13/1 siang. Pada malam harinya pukul 21.00 WIB surat pengangkatan Hidayat sudah ditandatangani Mendagri Mardiyanto.
Isi kawat Mendagri Nomor 094/048/OTDA ditandatangani oleh Direktur Jenderal Otda Depdagri. Menurut Asisten I pelantikan Pejabat Bupati Sigi, akan dilaksanakan siang ini pukul 13.00 bertempat di Sasana Bhakti Praja Departemen Dalam Negeri. Menurut Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Drs Wimboh, tugas pejabat bupati Sigi adalah membentuk kelembagaan baru termasuk DPRD dan memfasilitasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah untuk terpilihnya bupati devinitif.
Gubernur HB Paliudju didampingi Kepala Biro Infokom Drs Irwan Lahace dan Kepala Biro Tata Pemerintahan Drs Wimboh, telah bertolak ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan. Sedangkan pagi ini sejumlah pejabat akan menyusul di antaranya, Kepala Bappeda Sulteng Drs Rais Lamangkona, Kepala Biro Perlengkapan Umum Drs Yuliansyah serta sejumlah pejabat Pemprov Sulteng. Sedangkan sejumlah anak buah Hidayat di BKD/Diklat Sulteng sehari sebelumnya sudah berada di Jakarta.
Pelantikan Hidayat yang dilakukan pagi ini sekaligus menyudahi kontroversi yang mengiringi perjalanannya menuju kursi bupati di Kabupaten Sigi. Hidayat diusulkan oleh Gubernur HB Paliudju bersama tiga pejabat lainnya, Hendro Setiawan dan Heri Pallar. Paliudju sendiri sempat optimis pelantikan pejabat bupati akan dilakukan pada medio Desember 2008. Seiring dengan adanya jaminan dari Depdagri. Namun waktu yang ditentukan meleset. Belakangan, Bupati Donggala yang juga Ketua Forum Pemekaran Kabupaten Sigi sempat mendatangi Gubernur HB Paliudju, Biro Tapem dan Asisten I Setdaprov meminta agar Gubernur mengusulkan lima nama lagi, yakni, Kadis Nakertrans Sulteng David Halim, Asisten III Setdaprov Dery B Djanggola, Asisten II Setdaprov Najib Godal, Asisten I Setdaprov Baharuddin HT, dan Kadis BPMD Sulteng Anwar Ponulele. Masuknya lima nama ini yang diklaim sebagai aspirasi masyarakat Sigi, belakangan dibantah oleh tokoh-tokoh masyarakat di kawasan lembah Sigi.
Beberapa tokoh masyarakat yang dimotori Kepala Desa Bora Daeng Manota, menggelar konferensi pers dan membantah jika masuknya lima nama tersebut adalah aspirasi masyarakat di wilayah Kabupaten Sigi. Selaku pemuka masyarakat di tingkat akar rumput dirinya aku Daeng Manota tidak pernah mendengar ada aspirasi masyarakat terkait masuknya lima nama tersebut. Menurut Gubernur HB Paliudju yang ditemui sesaat sebelum menuju Jakarta, kemarin, dengan digelarnya pelantikan pejabat Bupati Sigi maka roda pemerintahan di wilayah ini akan segera berjalan. Paliudju juga mengharapkan dukungan seluruh komponen masyarakat di wilayah itu untuk mendukung kebijakan pejabat bupati agar roda pemerintahan berjalan efektif. (yar)

0 komentar:

Poskan Komentar